Manusia VS Tumbuhan

oleh IMade Ardika Yasa pada 04 Februari 2011 jam 7:23

Apakah manusia zaman sekarang ini dapat dikatakan lebih mulia daripada tumbuhan ?atau bahkan lebih mulia dari seekor hewan?sungguh sangat disayangkan apabila pertanyaan itu terlontar dari mulut seorang manusia bagi umat manusia. Tumbbuhan yang sering kali disepelekan diabaikan dan bahkan diinjak-injak oleh manusia namun tetap ikhlas dan penuh kasih saying baik kepada manusia, hewan maupun alam semesta.

Tumbuhan dengan seluruh kemampuan yang dimiliki selalu berusaha sepanjang hidupnya menjadi suatu yang sangat berguna bagi seluruh umat mahluk hidup. Tumbuhan yang dapat berbuah ataupun berbunga begitu ikhlasnya mempersembahkan buah ataupun bunga yang dimilikinya apabila diinginkan oleh mahluk lain pada waktu yang tepat. Dan bahkan tumbuhan yang tidak berbuah/berbunga merelakan tubuhnya menjadi bahan bangunan sebagai tempat manusia ataupun mahluk lain berteduh dan bahkan tumbuhan merelakan tubuhnya sebagai bahan santapan mahluk hidup lainnya tanpa pernah mengeluh demi kelangsungan hidup mahluk lainnya seperti halnya rumput dengan penuh keikhlasan dijadikan santapan oleh mahluk herbivora.

Walaupun rerumputan sering diinjak-injak oleh manusia, dipangkas dan dicabuti serta disia-siakan dengan dibuang begitu saja ditempat yang kering, panas dan gersang namun iat etap berusaha sekuat tenaga untuk tetap hidup dan mempertahankan hidupnya, tumbuh dan tumbuh lagi itu semua demi kelangsungan hidup mahluk lain sebab selain sebagai penyedia bahan makanan bagi mahluk herbivora bahkan ada beberapa jenis species rerumputan yang dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan selain itu rumput juga dapat menjaga kelembaban tanah serta selalu merawat dalam tugasnya sebagai konservator tanah mencegah tanah menuju kegersangan.

Dimanakah manusia yang plus itu? Yang katanya drajadnya lebih mulia dan lebih tinggi dari binatang dan tumbuhan? Yang katanya mahluk yang paling sempurna? Yang membuat tanah menjadi longsor akibat ditebangi secara liar itu adalah ulah siapa? Yang membuat terjadinya Lumpur lapindo itu dikarenakan oleh siapa?? Yang sering muncul di televise bahwa seorang tokoh agama memperkosa muridnya, seorang ibu/bapak tega membuang anaknya, membunuh anaknya,menjual anaknya itu siapa? Yang sering menyebabkan teror ketakutan bagi sesamanya itu siapa? Yang sering merampas, merusak milik orang lain itu siapa? Yang suka menyakiti , menyiksa mahluk lain ataupun sesame itu siapa? Yang tidak jujur itu siapa? Semua itu jawabnya manusia yang penuh akan keserakahan, irihati, dengki dan tanpa rasa kasihsayang dihatinya.

Tumbuhan selalu jujur hal itu terbukti dari pohon apel pastinya berbuah apel dan tumbuhan tidaklah memiliki sifat serakah dan tidak pernah menyakiti ataupun merampas milikm orang lain. Apakah manusia bisa hidup tanpa tumbuhan? Apakah manusia bisa hidup dengan suhu yang sangat panas tanpa perhitungan tumbuhan? Apakah manusia bisa hidup tanpa makanan dari tumbuhan? Mahluk hidup lainpun tidak dapat hidup tanpa tumbuhan.

Sifat mulia yang dimiliki oleh tumbuhan ialha

– Penuh Kasih saying

– Sabar

– Jujur

– Selalu Ingin Balas Budi

– Tidak Suka Menyusahkan

– Mengayomi

– Memberikan keteduhan, ketenangan dan kejernihan pikiran

– Tidak pernah protes

– Tanpa kesombongan

– Semangat tanpa batas

– Pantang menyerah

– Selalu berusaha berguna sepanjang hidupnya bagi mahluk lain

– Tidak pernah mengeluh

Wahai umat manusia sayangilah tumbuhan cintailah tumbuhan yang selalu menyayangi dan mencintai serta mengasihi semua mahluh hidup sepanjang hidupnya. Tanpanya kau tidak akan bisa hidup. Gunakanlah kelebihanmu agar engkau tetap dinobatkan sebagai mahluk yang sempurna. Jadilah mahluk yang Plus. “Stop Perang dengan Tumbuhan!!!!!’”