Air Terjun Kerta Gangga

KLU. Kawasan Wisata Air Terjun Kerta Gangga atau yang paling dikenal dengan sebutan Kerta Gangga Water Fall yang berjarak sekitar 42 km arah utara dari kota Mataram, NRB. Atau kurang lebih 7 km dari pusat pemerintahan Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU). Air Terjun ini masuk di salah satu kawasan dari dusun Kertaraharja, Desa Genggelang.

 Kawasan wisata ini baru dapat dikenal dunia luar sekitar tahun 1995. Dengan ketinggian air terjun mencapai 35 hingga 40 meter, dengan nuansa yang alami dan elok. Keunikan dan keindahan dari air terjun Kerta Gangga ini mampu menarik perhatian wisatawan domistik dan mancanegra. Bahkan tahun 1997 artis beken Cintami Atmanegara menyempatkan untuk menikmati keindahan kawasan ini. Tidak sampai disana saja, tahun 1999 aktor dan aktris terkenal asal Amerika Serikat dan Meksiko Brad Pitt dan Jennifer Lopez juga pernah mengukir sejarah di tempat ini.

Meski demikian dari waktu kewaktu kawasan ini tidak mengalami perubahan yang berarti, terutama fasilitas umum dan infrastruktur jalan yang kian menyulitkan untuk dapat menjangkau kawasan air terjun, bahkan sejak beberapa bulan lalu atau pasca musim hujan akses transportasi dengan menggunakan mobil (roda empat) sama sekali tidak dapat menembus medan yang sangat menantang. Kondisi ini juga kerap kali dikeluhkan wisatawan, sejak tahun 2009 ini, jumlah pengunjung yang datang hampir mencapai 400 orang, dan 95 persennya adalah wisatawan mancanegara.

Jumlah penduduk yang mendiami sekitar tempat ini lebih kurang 300 kepala keluarga atau sekitar 500 jiwa. Mahudin (40) atau lebih dikenal dengan Pak Udin, penjaga kawasan air terjun Kerta Gangga, Sabtu (13/6) lalu menuturkan, ia merintis lokasi ini sejak tahun 1985 – 1995, sebelumnya hampir semua masyarakat pesimis kalau daerah ini nantinya dapat dinikmati masyarakat luas apa lagi sampai mancanegara. Berbekal tekad dan kemauan yang tinggi akhirnya impian pak Udin menjadi kenyataan. Salah satu langkah awal yang dilakukan pak Udin dalam memperkenalkan kawasan ini adalah membuka papan nama di atas papan yang berukuran 1×1 meter dengan mencelupkan jari tangan ke dalam cat yang dipergunakan untuk menulis. Hingga sampi sekarang nama Kerta Gangga semakin dikenal dunia pariwisata terutama yang ada di KLU.

Namun demikian, meski sudah dapat mengangkat salah satu potensi daerah yang ada, tetap saja kran kebijakan masih belum dapat dibuka untuk kawasan Air Terjun Kerta Gangga. Kita bisa lihat akses jalan dan fasilitas umum lainnya sangat memprihatinkan, sedangkan kalau berharap dari anggaran dari kunjungan wisatawan sangat tidak mungkin, karena lama kunjungan hanya hitungan jam. Lain halnya kalau fasilitas sudah memadai pasti dapat jauh lebih baik, dengan kondisi seperti ini banyak wisatawan yang lebih memilih Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Bayan, karena akses jalan jauh lebih bagus. Dengan adanya KLU kami berharap penuh, kendala ini dapat diatasi, tutur Udin.

Sementara, Rimo, Wisatwan asing asal Swedia juga menuturkan pengalamannya, “Rute jalan sangat sulit, tapi keindahan dan panorama alam sangat mengagumkan”. Senada dengan itu, Guenfond, wisatwan asal Perancis juga berkomentar, “the route is very bad, but few is very beautiful, quiet, natural and nice rice fields”, (rute jalan sangat buruk tapi pemandangan alamnya yang sepi, alami dan hamparan sawah yang sangat indah), ungkap wisatawan dari Swedia dan Guenfond dengan logat barat yang kental. (Adam, Rakom Gita Swara FM). BAGI PARA PERTUALANG MAUPUN WISATAWAN SPIRITUAL MARI KUNJUNGI TEMPAT WISATA INI YANG PENUH AKAN VIBRASI MAUPUN NUANSA MISTIS, BERMINAT?

HUB : IMADE ARDIKA YASA., SP,. M.PdH

HP     :085737802437.

ALAMAT: JL. HOS COKROAMINOTO Gg BHINEKA NO 15 CEMARA MATARAM